PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING UNTUK MEMOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI MATERI AJAR

Authors

  • Heni Jusuf Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol3.iss1.2016.118

Keywords:

blended learning, motivation, instructional design

Abstract

[Id]

Penggunaan blended learning dibidang pembelajaran telah banyak dilakukan. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer, penelitian tentang efek kognitif dan implikasi blended learning terhadap desain instruksional sudah banyak dilakukan, namun penelitian tentang efek motivasi dalam konteks penggunaan blended learning pada proses pembelajaran masih sangat sedikit. ?Salah satu tujuan utama penggunaan blended learning dalam proses pembelajaran adalah untuk memotivasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh blended learning terhadap hasil belajar algoritma pemrograman menggunakan motivasi model ARCS. Hasil kajian literatur tentang motivasi dalam konteks pembelajaran dengan blended learning dan penggunaan multmedia, menunjukkan bahwa peneliti dan praktisi mempertimbangkan sejumlah aspek penting untuk memastikan bahwa motivasi merupakan bagian yang tergabung dalam sumber pembelajaran untuk mengoptimalkan pengalaman peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 46% peserta didik menyukai penggunaan multimedia dalam pembelajaran, diikuti selanjutnya senang yaitu 35%. Media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan adalah media pembelajaran yang dapat membantu pengajar dan peserta didik dalam proses transfer of knowledge.

Kata kunci: blended learning, motivasi, desain instruksional

[en]

The use of blended learning in learning and education has became popular. Along with the usage of computer technology, research on the cognitive effects and implications of blended learning on instructional design has been done, but research on the effects of motivation in the context of the use of blended learning in the learning process is still very little. One of the primary goal of blended learning in the learning process is to motivate learners. This study aimed to examine the effect of blended learning on learning outcomes programming algorithms using ARCS model of motivation. Literature review in topic of motivation in the context of learning to blended learning and the use of multmedia, show that researchers and practitioners to consider a number of important aspects to ensure that the motivation is part incorporated in the learning source for optimizing the experience of learners. The results showed that 46% of students liked the use of multimedia in teaching, followed by further pleased that 35%. Instructional media that suits your needs is the media that can help teachers and learners in the process of transfer of knowledge.

Keywords: blended learning, motivation, instructional design

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-12-15

How to Cite

[1]
H. Jusuf, “PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING UNTUK MEMOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI MATERI AJAR”, jitter, vol. 3, no. 1, Dec. 2016.

Issue

Section

Articles