PERHITUNGAN JUMLAH BAKTERI ESCHERICHIA COLI DENGAN PENGOLAHAN CITRA MELALUI METODE THRESHOLDING DAN COUNTING MORPHOLOGY

Authors

  • Ari Purno Wahyu Wibowo Universitas Widyatama
  • Rian Andrivani

DOI:

https://doi.org/10.33197/jitter.vol2.iss3.2016.113

Keywords:

Bacterai Escherichia coli. Morphological, foods, calculation

Abstract

[Id]

Salah satu permasalahan yang terdapat di bidang kesehatan adalah tingkat tingginya kontaminasi bakteri pada makanan yang dijual/disajikan oleh pihak penjual, mulai dari Pedagang Kaki Lima (PKL), restoran, dan industri makanan. Jika makanan kita terkontaminasi bakteri akan memberikan dampak negatif bagi kita dan masyarakat yang mengonsumsi makanan terkontaminasi. Dan salah satu alasan makanan tersebut terkontaminasi karena adanya bakteri yang tumbuh pada makanan tersebut yang melebihi batas pencemaran maksimum. Salah satu bakteri yang dapat menyebabkan makanan tersebut terkontaminasi adalah bakteri Escherichia coli.

Salah satu solusi yang dapat diambil yaitu, dengan menyediakan sistem perhitungan bakteri Escherichia coli. Dimana dengan sistem tersebut dapat mengetahui berapa jumlah bakteri Escherichia coli yang terdapat pada makanan yang diteliti agar diketahui apakah makanan tersebut layak dijual atau tidak berdasarkan jumlah batas pencemaran maksimum dengan jumlah bakteri yang mencemari makanan yang diteliti. Dalam perkembangbiakannya bakteri ini dapat tumbuh secara morfological dimana bakteri ini ?tumbuh secara acak dengan bentuk yang sama yaitu dalam bentuk batang namun tumbuh dengan posisi secara acak.

Dalam perancangan system tersebut penulis menggunakan bahasa pemrograman C disertai dengan perangkat lunak yang membantu dalam pembuatannya yaitu Matlab. Setelah implementasi sistem ini akan diuji coba hasilnya adalah para ahli industi makanan dapat menentukan apakah makanan yang diteliti tersebut layak dijual atau tidak sesuai dengan tingkat pencemaran yang terdapat pada makanan tersebut.

Kata Kunci: Bakteri Escherichia coli. Morphological, Makanan, Perhitungan bakteri

[En]

One of the issues contained in the health sector is the high level of bacterial contamination of food sold or served by the sellers from the street food restaurants and the food industry. If our food contaminated with the bacteria will adversely affect us and the people who eat contaminated foods. And one of the reasons that food contaminated by bacteria that grow on the food that exceeds the maximum contamination limit. One of the bacteria that can cause food that is contaminated with the bacteria Escherichia coli.

One solution that can be taken is, by providing the calculation system of Escherichia coli. Where in the system can determine how the number of Escherichia coli bacteria found in foods studied in order to know whether the food is decent for sale or not based on the amount of the maximum contamination limit to the number of bacteria that contaminate food studied. In the breeding of bacteria can grow morfological where these bacteria grow randomly with the same shape in the form of rods but growing at random positions.

In designing the system, the author uses the C programming language comes with software that helps? and using in Matlab. After implementation of this system will be tested the result is the food industry, experts can determine whether the foods studied eligible or not for sale according with the level of pollution contained in these foods.

Keywords: Bacterai Escherichia coli. Morphological, foods, calculation


Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-08-15

How to Cite

[1]
A. P. W. Wibowo and R. Andrivani, “PERHITUNGAN JUMLAH BAKTERI ESCHERICHIA COLI DENGAN PENGOLAHAN CITRA MELALUI METODE THRESHOLDING DAN COUNTING MORPHOLOGY”, jitter, vol. 2, no. 3, Aug. 2016.

Issue

Section

Articles